Perlukah Lapor Polisi Jika Terjadi Laka ?


Banyak orang yang berfikiran jika terjadi laka (kecelakaan lalu lintas) tidak perlu lapor polisi, cukup diatur secara kekeluargaan saja diantara yang terlibat. Bahkan tak jarang masyarakat mempunyai prasangka buruk terhadap kepolisian. Alasannya takut ribetlah, takut kena uanglah, dll. Hal tersebut tak sepenuhnya benar.   

Kesepakatan damai diluar pengadilan, tentu saja sangat baik dan mulia. Namun saran saya, tetaplah melapor kepada kepolisian. Dan lagi, ingat, laporan harus dibuat dalam jangka waktu 1 kali 24 jam. Antara para pihak yang terlibat bisa membuat kesepakatan damai di hadapan petugas kepolisian.  Adakah manfaat dari membuat laporan polisi ini ? Tentu. Bahkan manfaat ini bukan hanya bagi pihak korban saja, pihak penabrakpun mensdapat manfaat dari laporan polisi ini. Beberapa keuntungan dari laporan polisi ini adalah :

  • Bagi pihak penabrak bisa menghindarkan diri dari amuk masa
  • Bagi pihak korban bisa mengajukan klaim santunan Jasa Raharja, sehingga tidak menggantungkan pada belas kasihan penabrak untuk biaya berobat / rumah sakit.
  • Kedua belah pihak tetap biusa menentukan apakah tetap melanjutkan proses perkara sampai meja hijau ataukah membuat kesepakatan damai, yang disaksikan pihak kepolisian, sehingga terhindar dari resiko berkepanjangan belakang hari.

Prosedur Pengajuan Klaim Santunan Jasa Raharja :

A. CARA MEMPEROLEH SANTUNAN

  • Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat
  • Mengisi formulir pengajuan dengan melampirkan :
  1. Keterangan kecelakaan Lalu Lintas dari Kepolisian dan atau dari instansi berwenang lainnya.
  2. Keterangan kesehatan dari dokter / RS yang merawat.
  3. KTP / Identitas korban / ahli waris korban.
  4. Formulir pengajuan diberikan Jasa Raharja secara cuma-cuma.

B. BUKTI LAIN YANG DIPERLUKAN

  • Dalam hal korban luka-luka :
  • Kuitansi biaya rawatan dan pengobatan yang asli dan sah.
  • Dalam hal korban meninggal dunia :
  • Surat kartu keluarga / surat nikah ( bagi yang sudah menikah )

C. KETENTUAN LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN

Jenis Santunan :

  • Santunan berupa penggantian biaya rawatan dan pengobatan (sesuai ketentuan).
  • Santunan kematian.
  • Santunan cacat tetap.

Ahli Waris

  • Janda atau dudanya yang sah.
  • Anak-anaknya yang sah.
  • Orang tuanya yang sah.

Kadaluarsa. Hak santunan menjadi gugur / kadaluwarsa jika :

Pengalaman penulis sendiri, ketika penulis membantu mengajukan klaim santunan jasa raharja tetangga, sangatlah mudah. Pihak perwakilan Jasa Raharja Lamongan dan Gresik sangat membantu. Acungan dua jempol buat BUMN Jasa Raharja. Juga ribuan terimakasih penulis haturkan kepada Puskesmas Karang Geneng Lamongan, RS Muhammadiah Lamongan, Unit Laka Polres Lamongan, Kantor Perwakilan Jasa Raharja Lamongan, Kantor Perwakilan Jasa Raharja Gresik dan Kantor Cabang Jasa Raharja Surabaya. Semua instansi / pihak-pihak tersebut di atas telah melayani kami secara sangat baik dan profesional.

Salam, Tiknan Tasmaun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: