BEKATUL : Suplemen Kesehatan Murah Bermanfaat


Sebagai seseorang yang berprofesi sebagai praktisi pengobatan alternatif, saya telah lama mempraktekkan hal ini. Yaitu mnyarankan para pasien untuk mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bekatul. Ternyata hasilnnya sangat memuaskan.

Bekatul adalah limbah dari beras yang digiling. Seperti Anda ketahui bahwa gabah yang digiling menghasilkan limbah berupa dedak kasar atau sekam dan bekatul (dedak halus). Sebenarnya bekatul ini adalah lapisan yang ada diantara kulit ari beras dengan biji beras itu sendiri.

Adapun kandungan bekatul menurut hasil penelitian yang saya baca dari hasil karya ilmiah LOMBA KARYA TULIS NASIONAL BIDANG PERTANIAN yang berjudul “SEREAL BEKATUL SEBAGAI ALTERNATIF ADDED VALUE RESIDU
PENGGILINGAN PADI” karya Okvina Nur Alvita, Esti Rohimah dan Sri Rahayu Mulyani dari INSTITUT PERTANIAN BOGOR ( bisa didownload di sini )  adalah demikian :

Komposisi bekatul (berdasarkan persen bobot) menurut Hammond (1998) berturut-turut ialah 11-13% air, 18-21% lemak kasar bekatul dan minyak, 14-16% protein kasar, 8-10% srat kasar, 9-12% abu dan 33-36% karbohidrat, Thiamin (B1), Riboflavin (B2), Kalsium, Magnesium, Phospor, dan Seng.

Diantara kandungan manfaat yang dapat diperoleh adalah :

1. Kalsium (Ca) bermanfaat dalam mengurangi insomnia, mendukung sistem saraf dan konstruksi otot, serta mengukur detak jantung dan mencegah penggumpalan darah.

2. Magnesium (Mg) berguna dalam mengaktifkan enzim : berperan dalam produksi energi, formasi protein dan replikasi sel, serta meningtkan kelarutan kalsium dalam enzim sehungga bisa mencegah terbentuknya batu ginjal, batu empedu dan batu saluran kemih.. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan gangguan mental, kelelahan, serta gangguan pada jantung, kondisi saraf dan konraksi otot.

3. Mangan (Mn) memiliki manfaat sebagai berikut :

 Berperan dalam beberap sistem enzim, terutama sistem enzim yang terlibat dalam pengontrolan gula darah, metabolisme energi dan hormon tiroid

 Berperan dalam enzim SOD (Super oxyde dismutase) sehingga sel tidak mudah rusak.

 Mencegah epilepsi, mengurangi resiko serangan jantung mendadak

 Berperan dalam fungsi otak.

4. Zat besi (Fe) memilik fungsi sebagai berikut :

 Berperan dalam molekul hemoglobin (sel-sel darah merah)

 Sebagai tramsportasi oksigen (O2) dari paru-paru ke jaringan dan transportasi O2 dari jaringan ke paru-paru

 Sangat diperlukan selama perkembangan janin, masa remaja, serta selama kehamilan dan menyusui. Kekurangan Fe pada masa ini akan menyebabkan anemia sehingga menurunkan daya konsentrasi dan fungsi kekebalan tubuh.

5. Kalium (K) bersama natrium berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi jantung. Fungsi kalium lainnya adalah sebagai pengantar pesan saraf ke otot, menurunkan tekanan darah, serta mengirimkan oksigen ke otak. Kekurangan kalium menyebabkan stres
fisik dan mental.

6. Seng (Zn) sangat penting untuk pertumbuhan sel, sintesis protein dan pemanfaatan vitamin A. Tidak seperti tembaga, seng kemungkinan tidak terdapat dalam kebanyakan diet.

Adapun manfaat secara empiris terhadap pengkonsumsian bekatul yang saya praktekkan selama ini adalah antara lain : membantu penyembuhan terhadap penderita kencing manis / diabetus militus, mempercepat pemulihan kesehatan bagi orang yang habis sakit, pemulihan dari operasi dll. Yang jelas fungsi utama adalah suplemen makanan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Cara pengolahannya sangat mudah. Bisa Anda olah menjadi panganan, kue muih, sereal untuk minuman sehari-hari, bubur dan lain-lain. Bagaimanapun penulis bersedia membantu Anda yang membutuhkan bekatul ini dengan cara menyediakan bekatul dalam bentuk olahan sereal bekatul murni.

Sekian artikel ini kiranya bermanfaat. Salam, Tiknan Tasmaun ( 085850960090 )

 

ARTIKEL TERKAIT :

1. Solusi untuk penyembuhan total terhadap kencing manis.

2. Cara mudah untuk mengatasi ejakulasi dini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: