Pencegahan Kanker Serviks (Mulut Rahim)


Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik yang menyerang leher rahim.  Kanker ini dapat hadir dengan pendarahan vagina, tetapi gejala kanker ini tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh.

Human papilloma virus (HPV)  merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menja di kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini seringkali tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Pendeteksian bisa dilakukan dengan pengamatan menggunakan Pap-smear.

Beberapa faktor yang pebabkan  kanker mulut rahim :
-Melakukan hubungan seksual pada usia muda ( 15 tahun ).

-Sering berganti-ganti pasangan.

-Melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan.

-Memiliki kebiasaan sex yang menyimpang.

-Kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan.

-Kekurangan vitamin C, asam folat, retinol dan vitamin E.

Pencegahan dan Pengobatan

Pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker mulut rahim dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pap smear. Pap smear adalah tes kesehatan untuk memeriksa sel-sel di sekitar mulut rahim. Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan setahun sekali oleh wanita yang telah melakukan hubungan intim. Cara lain adalah melakukan vaksinasi terhadap virus HPV.

Perlu diketahui juga bahwa mengkonsumsi ramuan yang mengandung manjakani juga mampu menangkalpenyakit kanker servik atau mulut rahim yang menakutkan ini. Silahkan klik di http://perawanrapetwangi.blogspot.com untuk infonya

Secara umum,  pencegahan penyakit itu dapat dibagi menjadi tiga area yaitu primer, sekunder, dan tertier. Pencegahan primer bertujuan menurunkan angka kejadian suatu penyakit dan seluruh populasi adalah targetnya.

Untuk kanker serviks, pencegahan primer dapat dilakukan melalui perubahan pola diet atau suplemen, vaksinasi profilaksi dan reduksi faktor-faktor risiko. Cara untuk menurunkan risiko adalah dengan menghindari punya pasangan seks pria yang banyak. Selain itu, faktor nutrisi juga dapat mengatasi masalah kanker mulut rahim.

Penelitian mendapatkan hubungan yang terbalik antara konsumsi sayuran berwarna hijau tua dan kuning (banyak mengandung betha karoten atau vitamin A, vitamin C dan vitamin E) dengan kejadian neoplasia intra epithelial juga kanker serviks. Artinya semakin banyak makan sayuran berwarna hijau tua dan kuning, maka akan semakin kecil risiko untuk kena penyakit kanker mulut rahim.

Sedangkan pencegahan sekunder meliputi deteksi dini atau penapisan dengan tujuan menurunkan kejadian penyakit dengan menemukan sebelum menimbulkan gejala dan memulai pengobatan seawal mungkin.

Pada kanker serviks pencegahannya dapat dilakukan melalui tes Pap (papsmear), deteksi adanya virus papiloma manusia dan teknik baru yang dapat meningkatkan kemampuan tes Pap dan deteksi virus papiloma manusia. Karena proses dari normal sampai menjadi kanker itu memerlukan waktu yang agak lama maka tidak mungkin setelah 6 bulan tes Pap langsung positif. Untuk pencegahan, dia menyarankan untuk melakukan tes Pap setelah usia 25 tahun atau setelah aktif berhubungan seksual dengan frekuensi dua kali dalam setahun. Bila dua kali tes Pap berturut-turut menghasilkan negatif, maka tes Pap dapat
dilakukan sekali setahun.

Untuk pencegahan tertier ditujukan kepada penderita yang sudah menunjukkan adanya penyakit dan gejala penyakit. Tujuannya adalah menurunkan kekambuhan atau menemukan kekambuhan seawal mungkin.

Pengobatan penyakit mulut rahim itu dapat dilakukan dengan berbagai pilihan tergantung pada kondisi penyakit itu misalnya, melalui operasi, radiasi, khemoterapi atau gabungan semua. Tentu pencegahan lebih baik daripada pengobatan. (diolah dari berbagai sumber)

Salam, Tiknan Tasmaun

DAFTAR JUDUL ARTIKEL SEMUA DI BLOG INI

Satu Balasan ke Pencegahan Kanker Serviks (Mulut Rahim)

  1. kasato mengatakan:

    memang penyakit yang menyeramkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: