Bisakah Arwah Leluhur Menolong Kita ?


Saya ingin menjawab pertanyaan tersebut bukan dari literatur manapun namun dari pengalaman pribadi saya. Pada tahun 1995 yang lalu ketika anak saya baru berumur sepuluh bulan dia terkena penyakit muntaber yang cukup parah. Kami bawa anak tersebut ke salah satu rumah sakit swasta di Tuban Jawa Timur. Di rumah sakit ini anakku ditangani oleh seorang dokter spesialis anak yang cukup handal.

Namun setelah empat hari rawat inap belum ada perubahan. Dokter sendiri heran karena para pasien anak-anak yang lain yang mengalami sakit yang sama sudah pada pulang. Namun anakku tetap sakit. Hanya kondisi badannya sudah segar kembali. Maka saya putuskan untuk saya bawa pulang ke rumah mertua di Tuban. Saya tinggalkan si kecil dengan ibunya di sana. Saya sendiri bergegas pulang ke Gresik.

Malam harinya saya betul-betul mengadukan masalah ini kepada-Nya. Padahal sejatinya Dia lebih mengetahui. Kemudian saya tidur berbantal sapu gerang di belakang pintu utama rumah. Tidak bisa tidur. Terbayang wajah si kecil terus menerus. Kurang lebih pukul tiga pagi saya terlelap. dalam terlelap tersebut saya bermimpi didatangi almarhum Mbah saya. Beliau berkata bahwa rumah kami sedang terkena “barat” (angin,lesus-jawa). Beliau juga berkata bahwa Beliau bersedia membantu untuk meredakan “angin” ini.

Sekitar jam sembilan pagi  saya berangkat pergi ziarah ke kuburnya. Saya hadiahkan bacaan-bacaan Quran, sholawat, istighfar dan kalimat-kalimat thoyibah. Saya doakan beliau diampuni dosanya dan diberi keselamatan, kebahagiaan dan ‘rejeki’ yang berlimpah di alam barzah sana. Demikian juga saya haturkan terima kasih kepada beliau karena dengan ijin Allah telah sudi mendatangi saya dsalam mimpi dan bersedia ikut membantu masalah kami.

Selesai berziarah maka saya bergegas pergi ke rumah mrtua untuk menjenguk si kecil yang lagi saya tinggal di sana. Sesampai di sana, ibunya bercerita bahwa terakhir berak-berak pukul sembilan pagi tadi. Selepas itu sudah sehat seperti sedia kala.

Bagi saya peristiwa itu saya maknai sebagai pertolongan Allah swt yang bisa saja dengan ijin-Nya dilewatkan melalui almarhum Mbah saya. Karena tidak ada yang mustahil jika Allah menghendaki.

Salam,

DAFTAR JUDUL ARTIKEL SEMUA

2 Balasan ke Bisakah Arwah Leluhur Menolong Kita ?

  1. skbjepara mengatakan:

    Pengalaman yg menarik. Salam kenal

  2. Abula mengatakan:

    sepakat sekali pak, “tidak ada yang mustahil jika Allah menghendaki.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: