Si Dalbo, tamu misterius malam hari


Kisah ini terjadi pada medio 1998, namun baru sempat saya tulis sekarang. Bukan untuk ditiru namun untuk direnungi.

Malam ketika menjelang pagi aku baru pulang dari rumah kawan. Di depan rumahku berdiri sesosok orang laki-laki. Aku dekati dia ternyata tetangga depan rumahku. “Roj, kok tumben belum tidur ? Yuk masuk,”kataku menyapa.

“Aku bukan Roji,”terdengar dia menjawab dengan suara berat agak serak. “Aku yang tinggal di barongan (rumpun bambu-red ) sebelah utara desa”, timpalnya lagi. “Aku Dalbo”.

Oh, aku paham sekarang. Dia jenis makhluk halus bangsa gondoruwo yang sedang menjelma manusia. Dia bertanya apakah ada manusia yang mau memeliharanya. Jika ada yang bersedia maka dia akan membantu mencarikan kekayaan.

Dia kemudian menceritakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh majikan pemeliharanya. Antara lain yaitu menyediakan kamar khusus yang tidak boleh orang lain masuk maupun tidur di dalamnya. Juga untuk pertama kali mengundangnya harus disediakan makanan berupa burung gagak. Diantara beberapa persyaratannya, ini yang paling menjijikkan. Yaitu tiap minggu sekali atau tiap bulan sekali -tergantung perjanjiannya- dia minta meniduri isteri majikannya. Caranya, pada tiap malam perjanjian itu si majikan laki harus keluar rumah. Kemudian makhluk ini akan menjelma menjadi majikan laki tersebut untuk kemudian masuk rumah untuk meniduri isteri majikan itu.

“Maaf, di kampung ini orangnya baik-baik semua. Pada beriman semua. Nggak ada yang mau memelihara kamu”, jawabku. Kemudian dia pergi.

Ingat kawan-kawanku semua, hidup, jodoh, rejeki dan harta kekayaan hanya milik Allah. Jangan gadaikan iman hanya untuk kesenangan sementara di dunia ini.

Wassalam.

DARTAR JUDUL ARTIKEL DI BLOG INI SEMUANYA…Klik DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: