KESENIAN TAYUB : dansa ala Jawa


Tayub, jangan dimusuhi. Justru benahilah. Tayub adalah kesenian rakyat Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan sekitarnya yang sudah sangat membudaya.

Diringi dengan gamelan (alat musik Jawa), pesinden menari bersama para tamu sambil menyanyikan tembang. Tembang adalah lagu-lagu tradisional Jawa. Ada juga yang diambil dari lagu-lagu populer baik campur sari, pop, dangdut bahkan rock juga. Tentu saja iramanya dimodifikasi menjadi irama gamelan.

Memang pada jaman dulu, sekitar dua puluh tahunan yang lalu, ada praktek yang kurang pantas pada pentas tayub. Yaitu tamu memberikan tips uang kepada sinden dengan cara dijejalkan dibalik kembennya (kain penutup dada) yang berkonotasi menaruh uang pada payudaranya. Namun sekarang hal tersebut sudah tidak ada lagi.

Begitu juga dengan praktek mabuk-mabukan. Bahkan dahulu, di suatu daerah tertentu, justru tamu disuguhi jualan minuman keras secara terang-terangan. Namun, sekali lagi, praktek demikian sekarang sudah tidak ada lagi.

Justru pada pentas tayub sekarang nampak lebih aman teratur daripada pentas orkes dangdut. Pada pentas orkes dangdut di kampung-kampung sering terjadi ekses berupa tawuran antar remaja, tawuran antar geng. Namun pada pentas tayub hal tersebut tidak ada.

Lazimnya tayub diselenggarakan pada acara hajatan pernikahan, sunatan dan hajatan desa berupa nyadran atau bersih desa (ulang tahun desa).

About these ads

2 Balasan ke KESENIAN TAYUB : dansa ala Jawa

  1. supatah. mengatakan:

    o ala enak tenan mas tayub’e tayub endi iki.

  2. jon suharjono mengatakan:

    enak ,yang penting pakai etika .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 810 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: